Memahami Perbedaan Budaya, Landasan Strategi Pemasaran International Yang Efektif

 MEMAHAMI PERBEDAAN BUDAYA, LANDASAN STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL YANG EFEKTIF



Pemasaran internasional adalah proses penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen di luar negeri. Hal ini dapat dilakukan secara bilateral atau multilateral. Pemasaran internasional memiliki beberapa tujuan, antara lain mengembangkan pasar yang lebih luas, mengurangi risiko politik dan ekonomi, serta meningkatkan daya saing. Dalam pemasaran internasional harus memperhatikan beberapa faktor, salah satunya adalah faktor budaya. Budaya adalah seperangkat keyakinan, prinsip, dan perilaku yang memengaruhi bagaimana cara orang berinteraksi, berkomunikasi, dan bekerja sama. Pemasar internasional perlu menyadari pengaruh budaya dan bersiap menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh faktor budaya. Sebab, setiap daerah atau negara mempunyai budaya yang berbeda-beda. Dalam pembuatan suatu produk, budaya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi karakteristik produk tersebut. Di sisi lain, hubungan bisnis antar pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis juga dipengaruhi oleh perbedaan budaya.
Perbedaan budaya merupakan faktor efektif yang mempengaruhi keberhasilan dalam pemasaran internasional. Dalam pemasaran internasional, kesadaran terhadap perbedaan budaya sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Budaya mempengaruhi berbagai aspek pemasaran, seperti komunikasi, perilaku konsumen dan preferensi estetika. Oleh karena itu, pemahaman dan penerapan budaya dalam strategi pemasaran internasional sangat penting. Berikut adalah beberapa dampak budaya pada strategi pemasaran internasional:
1. Komunikasi: Budaya mempengaruhi cara orang berkomunikasi, termasuk bahasa, gaya bicara dan etika berkomunikasi.
2. Perilaku Konsumen: Perilaku pembelian dan kebutuhan konsumen didorong oleh norma-norma budaya.
3. Estetika: Nilai-nilai keindahan dan selera yang ada dalam suatu budaya bisa mempengaruhi desain produk, keamasan, dan materi promosi.
Faktor budaya juga mempengaruhi konsumen dalam mengolah informasi dan faktor yang memotivasi dalam melakukan pembelian. Untuk mengatasi dampak budaya terhadap strategi pemasaran internasional, perusahaan perlu mengembangkan kepekaan budaya, melakukan riset pasar secara menyeluruh dan berkolaborasi dengan mitra lokal yang memiliki pemahaman yang baik tentang budaya lokal setempat. Hal ini karena budaya pada level internasional sangat beragam, berbeda – beda dan dinamis sehingga memerlukan cara pendekatan dan strategi yeng beragam untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu, dalam menyusun program pemasaran yang tepat, para pemasar di tingkat internasional harus menggunakan konsep marketing mix atau bauran pemasaran. Dalam menyusun marketing mix, pendekatan dan strategi marketing mix yang meliputi product, price, place dan promotion dapat disesuaikan dengan memperhatikan aspek budaya.
Sejumlah besar perusahaan yang melakukan bisnis global atau pemasaran internasional berhubungan dengan konsumen, mitra strategis, distributor dan pesaing dengan pola pikir budaya yang berbeda. Oleh karena itu, aspek budaya menjadi aspek yang harus diperhatikan bagi perusahaan yang melakukan pemasaran internasional, sehingga aspek budaya dapat dijadikan landasan yang efektif bagi perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Hal ini mencakup penerapan pembahasan budaya pada negara tertentu sebagai target ekspansi pasar, serta memberikan perhatian lebih besar pada pengukuran variabel dan menggali lebih dalam memperoleh yang selaras dengan kaidah pemasaran internasional, dengan memahami perbedaan budaya dan menerapkan pembahasan budaya ke dalam strategi pemasaran internasional, perusahaan dapat meningkatkan daya saing, memperoleh keuntungan yang berkelanjutan di pasar internasional, serta mencapai kesuksesan dalam perdagangan lintas negara dan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menghadapi tantangan dan hambatan saat implementasi pemasaran internasional.

DAFTAR PUSTAKA

Suprapto, Y., Winnerko, F., Andrian, A., & Jessyka, J. (2023). Pengaruh Lingkungan Budaya Terhadap Implementasi Bisnis Skala Internasional. Jurnal Mirai Management8(1), 10-23.

Lubis, A. A., Viantika, D. S., Hasibuan, E. A., Tarigan, A. P., & Harahap, F. (2023). Pengaruh Faktor Budaya Terhadap Bisnis Internasional. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen2(1), 24-36.

Aji, G., Casha, N., Fatimah, S., & Munawaroh, A. Q. (2023). Pengaruh Budaya Terhadap Penerapan Strategi Pemasaran Internasional. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan2(2), 159-169.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Perbedaan Budaya, Landasan Strategi Pemasaran International Yang Efektif"

Posting Komentar