PERSPEKTIF PEMASARAN GLOBAL DALAM BISNIS INTERNASIONAL

 PERSPEKTIF PEMASARAN GLOBAL DALAM BISNIS INTERNASIONAL



Globalisasi merupakan suatu proses yang mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah. Jadi, setiap individu dapat terhubung dan bertukar informasi dimanapun dan kapanpun. Dalam era ini, bisnis internasional menjadi semakin penting, dimana perusahaan harus mampu menyesuaikan diri dengan pasar global yang semakin kompleks dan menantang.

Kemampuan untuk berfikir secara global merupakan kunci untuk memahami berbagai perspektif dan isu manajerial dalam bisnis internasional. Manajerial sangat penting untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk berhasil di pasar global. Dengan memahami dan mengelola peluang global yang ditawarkan oleh manajerial, perusahaan dapat mencapai keberhasilan jangka panjang di tengah dinamika globalisasi. Perusahaan harus mampu mengidentifikasi kekuatan yang mempengaruhi globalisasi pasar dan kompetisi internasional. Selain itu, perusahaan juga harus memahami dan mengelola tantangan dan peluang yang muncul di pasar global.

Perspektif pemasaran global dalam bisnis internasional sangat penting untuk dipahami oleh perusahaan yang beroperasi di pasar global. Global marketing dan international marketing adalah dua konsep yang berbeda dimana global marketing memandang dunia secara menyeluruh sebagai pasar sasaran dan mencoba untuk menemukan kesamaan dalam pasar global, sedangkan International marketing memfokuskan pada perbedaan antara pasar domestik dan pasar internasional dengan menggambarkan tindakan-tindakan perusahaan yang ada di satu negara dan mengembangkan metode-metode untuk memasarkan produk-produk sejenis di negara-negara lain.

Perspektif pemasaran global dalam bisnis internasional adalah pendekatan yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan perusahaan di pasar global. Perusahaan yang berhasil dalam menyesuaikan diri dengan pasar global dan mengembangkan keterampilan dalam bidang korporasi akan mendapatkan keunggulan bersaing dan mengenali peluang di pasar global. Bisnis global atau bisnis Internasional merupakan aktivitas usaha yg melewati batas-batas negara. Bisnis dunia terdiri asal transaksi yg didesain dan dilaksanakan pada perbatasan nasional buat memuaskan tujuan individu, perusahaan dan organisasi.

3 alasan melakukan bisnis global :

1. Meningkatkan penjualan

2. Mendapatkan sumber daya yang tidak ada di negara asal

3. Meminimalisir resiko dengan melakukan eskpansi karena persaingan pasar di negara asal sudah terlalu ketat

Beberapa tantangan dalam bisnis global :

1. Perbedaan budaya

2. Perbedaan lingkungan

3. Tanggung jawab dan etika sosial

4. Perbedaan teknologi

5. Sistem kontrol yang lemah

Perusahaan yang beroperasi di pasar global harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Mereka perlu memahami karakteristik bisnis global, kesepakatan perdagangan antara negara, pemasaran global, peluang dan tantangan, serta manajemen multinasional.

Salah satu konsep paling penting dalam mengembangkan strategi pasar global adalah melakukan analisis perbandingan kultur (cross cultural). Cross-cultural merupakan perbandingan sistematis tentang perilaku aspek-aspek kultur fisik. Hal ini melibatkan pemahaman mendalam tentang perbedaan budaya, nilai dan norma di antara negara-negara yang berbeda. Dengan memahami perbedaan budaya dan perilaku konsumen, perusahaan dapat mengembangkan produk, promosi dan distribusi yang sesuai dengan tuntutan pasar global.

Strategi global seharusnya perlu disesuaikan dengan menganalisa sistem pasar daripada berusaha merubah pasar yang telah menjadi kebiasaan program pemasaran sebuah perusahaan. Perubahan pasar sasaran yang cepat menyebabkan pemasar global perlu mengikuti global trends untuk memprediksi dan mengetahui bagaimana para perilaku konsumen di belahan dunia mengalami perubahan. Pemahaman mendalam tentang globalisasi sangat diperlukan bagi perusahaan yang beroperasi di pasar global. Aspek penting yang harus dilibatkan untuk menentukan keputusan bidang strategi global adalah kemampuan untuk berpikir global. Boleh jadi aspek paling penting pemikiran global adalah bukan pengetahuan tentang bagaimana menciptakan peluang pasar di negara-negara lain atau bagaimana cara memanfaatkan sumber di negara-negara lain, akan tetapi yang lebih penting adalah kemampuan untuk mengetahui bidang pemasaran dan manajemen secara global, dan mengambil metode-metode terbaik secara umum.

Sumber Referensi :

1. Jurnal berjudul “Perspektif Pemasaran Global dalam Bisnis Internasional” oleh Farid Wajdi

2. Materi tentang bisnis global dari channel youtube TLiC Universitas Ciputra


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERSPEKTIF PEMASARAN GLOBAL DALAM BISNIS INTERNASIONAL"

Posting Komentar