Peran E-commerce di era pasar bebas dalam marketing internasional

 Peran E-commerce di era pasar bebas dalam marketing internasional

Abstrak

Dalam dunia bisnis strategi marketing atau pemesaran sangatlah di perlukan apalgi di era sekarang Dimana e-commerce sudah banyak trersedia baik di blog maupun di aplikasi serta didukung dengan adanya pasar bebas

E-commerce adalah singkatan dari electronic commerce atau perdagangan menggunakan media elektronik, yaitu transaksi barang dan jasa secara daring (online). Praktik pemasaran e-commerce mengacu pada strategi bisnis ecommerce dalam mencapai lalu lintas berkelanjutan ke bisnis online guna menghasilkan penjualan.

Pasar bebas adalah Dimana kegiatan jual beli yang dilakukan oleh banyak komponen di dalamnya baik individu maupun kelompok Dimana dilakukan antar warga negara yang berbeda kewarganegaraannya maupun sama.

Kata kunci : marketing imternasional, e-commerce, pasar bebas

Pendahuluan

Dalam mendukung keefektifannya jual beli banhyak muncul situs-situs e-commerce. hal tersebut menjadikan merekA terus memperbaharui dan memperbaiki fitur-fiturnya sehingga memberikan kemudahan bagi penjual untuk mengiklankan produk dan jasanya, seperti kemudahan untuk mengakses melalui smartphone mobile Android dan Iphone.

Kemudahan yang ditawarkan membuat semakin banyak penjual yang ingin menjadi member untuk memasarkan produk barang dan jasanya. Dalam kegiatan pemasaran produk atau jasa fokus yang diperlukan oleh penjual adalah promosi kemudian menentukan saluran yang akan digunakan. Beriklan di saluran situs e-commerce tentunya diharapkan memberikan dampak yang positif bagi penjual. Saluran pemasaran yang efektif akan mampu memberikan manfaat dan dampak yang positif dalam pencapaian tujuan dari kegiatan pemasaran itu sendiri. Selain itu memungkinkan terjadinya pemupukan hubungan antara penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi berkelanjutan.

Dalam melakukan penulisan ini, tujuan yang ingin dicapai adalah untuk membahas bagaimana peran e-commerce di Era pasar bebas dalam marketing internasional

Metode penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus pada isu-isu marketing internasional yang baru-baru ini terjadi. Dan objek penelitiannya juga tentang isu-isu yang baru-baru ini terjadi di dunia bisnis.

Hasil dan Pembahasan

Menurut survei baru-baru ini, 56 persen bisnis mengharapkan e-commerce untuk menjadi sebagian besar penjualan mereka dalam tiga tahun ke depan. Ini membuka banyak kemungkinan bagi pengusaha yang ingin membawa bisnis mereka secara online dan menjual barang menggunakan e-niaga.

E-commerce (atau e-niaga) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua aktivitas online termasuk pembelian dan penjualan barang dan jasa. Dengan kata lain, e-commerce adalah proses melakukan transaksi bisnis melalui internet.

Faktanya, belanja melalui gadget menyumbang sebagian besar lalu lintas e-commerce. Penjualan mobile commerce diperkirakan mencapai lebih dari setengah dari semua bisnis e-commerce pada tahun 2021, karena pengaruh smartphone dan kenyamanan jual-beli online.dapat membuka toko online untuk memasarkan dan menjual produk atau layanan menggunakan gadget sendiri, yang didukung oleh internet. Saat pelanggan memesan produk dari etalase toko, aplikasi pelanggan akan berkomunikasi dengan server yang menghosting situs web toko online saat pesanan dilakukan.

Data pesanan kemudian akan diteruskan ke komputer pusat yang dikenal sebagai manajer pesanan, yang kemudian akan diteruskan ke database yang mengelola tingkat persediaan, sistem pedagang yang mengelola informasi pembayaran, dan komputer bank sebelum kembali kepada manajer pesanan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa persediaan toko dan uang tunai pelanggan cukup untuk menyelesaikan pesanan. Manajer pesanan akan memberi tahu server web toko setelah pesanan divalidasi, dan server web kemudian akan menampilkan pesan yang memberi tahu pelanggan bahwa pesanan mereka telah diproses dengan benar. salah satu contoh e-commerce di asia yang biasa dipakai oleh banyak orang adalah Alibaba.com, Zalora, Shopee, Tokopedia sedangkan ecommerce yang yang berasal dari amerika dan eropa salah satunya adalah Amazon, Alegro, Asos, Bol.com dll.

Kesimpulan

Menurut isu-isu yang beredar belakangan ini adanya e-commerce sangat berpengaruh terhadap pergerakan pasar bebas Dimana semua orang dapat melakukan transaksi jual beli melalui e-commerce. Hal itu adalah salah satu dari peran e-commerce di era pasar bebas dalam marketing internasional, selain itu adanya e-commerce mebuat pelaku usaha dapat menawarkan berbagai hasil usahanya di platform e-commerce dan para calon pembeli dapat bersalncar mencari barang atau produk-produk yang ingin dicari di dalam e-commerce hal tersebut sangat membantu pergerakan pasar bebas baik di wilayah asia maupun dunia salah satu contoh e-commerce di asia yang biasa dipakai oleh banyak orang adalah Alibaba.com, Zalora, Shopee, Tokopedia sedangkan ecommerce yang yang berasal dari amerika dan eropa salah satunya adalah Amazon, Alegro, Asos, Bol.com dll.

Daftar Pustaka

https://kabar24.bisnis.com/read/20230509/79/1654189/contoh-artikel-ilmiah-yang-baik-dan-benar

ahmad Miftah Ghufron “ANALISIS PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BISNIS PADA WIRAUSAHA BERSKALA MIKRO DI KOTA MALANG”

https://ecommercegermany.com/blog/12-leading-marketplaces-europe

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran E-commerce di era pasar bebas dalam marketing internasional"

Posting Komentar